Bersua Ria Banner
Bersua Ria Banner

Kevin Indriawan’s “Fine Wine”

The heavy riff of Kevin Indriawan soaks up the greatest classic rocks.

Berada ditengah gemerlap musik modern, Black Horses menjadi sebuah martyr yang kembali melesatkan proto-rock-classic. Kevin Indriawan adalah sosok dibalik garahnya raungan musik rock late 60’s -70’s yang dibawakan oleh Black Horses

Telah lama malang-melintang di antara stage dan musik, Kevin Indriawan dan Black Horses telah melahirkan sederet lagu cadas seperti pada album “Ballads of The Freedom Youth”, dan beberapa track tunggal andalan pada “Martyr”, “Mr. Glass” dan rilisan terakhir mereka “Crimson” pada tahun 2022. 

Kevin Indriawan juga banyak terlihat berbagi panggung dengan Kelompok Penerbang Roket, mengisi posisi gitaris. Pada episode Six Songs to Know kali ini, kami berkesempatan untuk menilik dan menggambarkan 6 lagu yang menjadi influence besar dalam karir dan referensi musik Kevin Indriawan. 

Simak obrolan kami di laman berikut:

Sedikit latar belakang bermusik, Bagaimana awal mula cerita Kevin Indriawan tertarik untuk bermusik?

Gue dari TK udah sering dikasih denger musik sama bokap gue, sering denger Queen, Deep Purple dan lain-lain. tapi gue cuma dengar-dengar aja dan dari situ gue jadi interest untuk mainin, awalnya gue tertarik dengan drum, tapi karena drum berisik dan gak terjangkau akhirnya interest musik gue meredup. Sampe gue kelas 2 SD, release game yang namanya Guitar Hero, dari Guitar Hero itu bokap gue ngasih opsi untuk coba main gitar, ternyata gue sangat tertarik, berlanjut sampe gue kelas 6 SD. Dan ketika gue SMP gue ketemu dengan drummer gue, Julian Aditya

Ternyata punya selera musik yang sama, kemudian start bikin band, berlanjut sampe SMA gue ketemu 2 temen band gue yaitu Lucky (bassist) dan Satya (Guitarist). Karena gue merasa referensi music kita sama yaitu 70s rock music dan sejalan akhirnya kita memutuskan untuk  membuat band Black Horses disaat yang Rafi (vocalist) ikut masuk. Dan melewati masa kuliah, people come and go hingga ada pada formasi sekarang.


1. Queen – Bohemian Rhapsody

Salah satu lagu Queen yang nemenin masa kecil gue, dan turning point gue untuk dengerin lebih banyak music rock, man lagu ini pure genius, no argue!

2. Deep Purple – Fireball

Lagu deep purple yang menurut gue sarat dengan adrenalin, beat drum yang powerful riff khas Blackmore, lengkingan vocal Ian gillan dan sentuhan magis keys Jon lord. Lagu ini juga sering nemenin perjalanan gue bolak balik ngampus.

3. Black Sabbath –  Killing Yourself to Live 

Menurut gue lagu ini punya komposisi yang sedikit beda dari lagu Black Sabbath lainnya touch Tony Iommy dan Vocal Ozzy yang berkarakter membuat lagu ini lebih rock dan punya banyak “kejutan”. 

4. Allman Brothers – Trouble No More 

Duanne Allman sangat menginspirasi gue dalam bermain gitar, khususnnya slide gitar. Lagu ini menemani masa masa gue latihan gitar waktu itu.

5. The Beatles – Eleanor Rigby

Dari sekian lagu the beatles yang gue suka Eleanor rigby jadi favorit gue, nuansa, lirik, kord progresi dan komposisi lagu ini berkesan buat gue sebagai musisi.

6. Led Zeppelin – Rain Song

No need introduction, salah satu band yang menginspirasi gue untuk bermusik. Lagu ini berbeda dengan lagu Led Zeppelin lainnya dan itu yang membuat gue tertarik. Lagu ini mengingatkan dan menemani gue pada masa skripsian kampus, sering jadi andalan gue kalo gue butuh lagu yang moodnya “cool down”.

Apakah ada tema yang mengikat 6 lagu tersebut? Adakah pengaruh lagu-lagu tersebut terhadap band besutan Kevin Indriawan?

Untuk tema tema ada. Mungkin lebih ketahun rilisnya seputar late 60s sampe late 70s songs. Dan lebih ke preferensi gue sendiri untuk memilih yang sedikit beda aja. Lebih tepatnya berpengaruh dalam karir bermusik gue. Karena dalam band kita juga menyatukan beragam referensi dari masing masing personil. 

Jika diibaratkan sebuh objek, apa hal merepresentasikan lagu-lagu diatas?

Mungkin “Fine Wine” kali ya, karena tua dan enak hahaha cheers.

Written by

Share this article

Stay up to date with our content.

Written by

Share this article

Stay up to date with our content.

Bersua Ria Banner

COMMENTS

POPULAR STORIES

MORE ON KULTUR EKSTENSIF

EXPLORE THE CULTURE,
ENGAGED WITH THE SCENE

Kultur Ekstensif is an independent curatorial media that explores in-depth on culture, lifestyle and everything in between. Our editorial content is not influenced by any commissions.

Subscribe to our newsletter

EXPLORE THE CULTURE,
ENGAGED WITH THE SCENE

Kultur Ekstensif is an independent curatorial media that explores in-depth on culture, lifestyle and everything in between. Our editorial content is not influenced by any commissions.

Stay up to date with our content.

Mixtape This Week